Menghilangkan (virus) Autorun.inf pada Flashdisk

Menghilangkan (virus) Autorun.inf pada Flashdisk

Flashdisk merupakan sebuah perangkat yang banyak dipergunakan untuk berbagai kepentingan tukar-menukar data. Perangkat ini menjadi media yang praktis dan sangat ringkas untuk dibawa. Namun, flashdisk saat ini menjadi media yang paling sering digunakan sebagai penyebar virus, trojan, worm dan sejenisnya. Tak terkecuali perangkat penyimpan data lainnya termasuk MP3 player, MP4 player, Memory Card, Memory Stick, SD Card, MMC dan media penyimpan data removable lainnya yang berbasis USB.

Salah satu virus yang dapat terdeteksi langsung (baik oleh antivirus maupun secara visual) adalah virus autorun.inf. File autorun.inf ini kemungkinan besar dipergunakan oleh virus untuk mengaktifkan file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan aksinya. Yang mengherankan adalah file autorun.inf ini berkembang sedemikian rupa sehingga sekarang sangat sulit diberantas dengan menggunakan antivirus sekalipun.

Dulu, setiap kali menemukan autorun.inf, maka dengan mudah saya bisa menghapusnya dari flashdisk. Namun, beberapa waktu kemudian file autorun.inf ini berkembang menjadi file yang tersembunyi (baca: hidden), sehingga aplikasi explorer harus selalu diaktifkan dengan mode yang dapat menampilkan file-file yang disembunyikan. Cara inipun masih cukup efektif untuk mengetahui kehadiran file autorun.inf dan sekaligus dapat dimusnahkan dengan cara dihapus dengan mudah. Belakangan, ternyata file autorun.inf ini sudah diberi kemampuan baru, yakni menjadi file “system” dan sama sekali tidak bisa dirasakan kehadirannya secara visual, bahkan oleh antivirus sekalipun.

Meskipun virus ini kasat mata, namun aksinya masih dapat dirasakan ketika flashdisk ditancapkan ke port USB, maka program akan menawarkan untuk menjalankan aplikasi pada flashdisk secara otomatis. Berarti, di dalam flashdisk tersebut telah ada file yang dapat berjalan secara otomatis.

File autorun.inf sendiri adalah file yang bisa ditulis dengan teks biasa, dan berisi informasi mengenai file apa yang harus dijalankan oleh komputer ketika sebuah media penyimpanan removable dibaca oleh komputer. Misalnya sebuah CD Multimedia Interaktif yang diberi file autorun.inf dapat berjalan secara autoplay tanpa harus diperintahkan. Rupanya kemampuan ini sekarang banyak disalahgunakan oleh para “ahli” virus untuk melancarkan aksinya.

Berikut ini adalah langkah yang cukup praktis untuk menghilangkan file : autorun.inf yang tidak terdeteksi :

1. Boot komputer dengan modus Safemode.

2. Jalankan aplikasi Command Prompt (Start > Run > cmd.exe) Bisa juga (Start > All Programs > Accessories > Command Prompt)

3. Ketikkan drive USB tersebut (misalnya E: kemudian tekan [Enter])

4. Ketikkan ATTRIB -R -A -S -H AUTORUN.INF, kemudian tekan [Enter]

5. Ketikkan DEL AUTORUN.INF, kemudian tekan [Enter]

Setelah selesai, komputer dapat di Restart dalam mode Normal.

Penjelasan:

ATTRIB adalah modul yang dipergunakan untuk mengubah atribut sebuah file.

-R adalah perintah untuk menghilangkan mode “Read Only”

-A adalah perintah untuk menghilangkan mode “Archive”

-S adalah perintah untuk menghilangkan mode “System”

-H adalah perintah untuk menghilangkan mode “Hidden”

DEL adalah perintah untuk menghapus file

Demikian, mudah-mudahan informasi ini dapat membantu.

Advertisements

18 Responses

  1. emang tuh autorun.inf buat apa yah ?
    mawnya apatuh file ?

    masih bisa didelete secara manual kan?
    kalo saya sih ga pernah klik file gituan kebetulan.
    lagian juga logonya lebih pudar dari biasanya

  2. Autorun.inf adalah file yang di dalamnya berisi informasi yang akan langsung dibaca oleh sistem. Biasanya disertakan pada CD / DVD Installer, sehingga ketika CD / DVD Installer tersebut dimasukkan ke dalam drive-nya, maka program install akan berjalan dengan sendirinya.
    Saya sendiri sering menuliskan file Autorun.inf ini untuk keperluan mode Autoplay pada CD Multimedia Interaktif. Dengan menyebutkan file exe mana yang harus dijalankan, maka ketika CD Interaktif tersebut dimasukkan ke dalam drive CD di komputer, program utama langsung dijalankan.
    Dengan demikian, sebenarnya Autorun.inf bukanlah virus, melainkan file yang ditugaskan untuk memberitahukan kepada sistem, file mana yang harus dijalankan secara otomatis.
    Masalahnya timbul ketika saya menuliskan file Autorun.inf untuk keperluan pembuatan CD Interaktif, mendadak file tersebut tidak bisa dideteksi keberadaannya. Antivirus yang ada pun luput, tidak bisa mendeteksi keberadaannya. Repot kan?
    Ketika sistem di boot dalam modus safemode barulah file autorun.inf ini bisa dilihat dalam mode hidden (warnanya pudar).
    Flashdisk yang dimasukkan ke port USB pun sekarang dapat terlihat ada file Autorun.inf berikut Boot.exe (virus).
    Dalam modus safemode dapat dengan mudah melumpuhkan file-file tersebut.

  3. flash disk aq kna vrus tp aq g thu vrusy
    wkt aq scan di rumah tidak ada virus tapi data di fd aq tidak ada padahal memori fd aq berkurang
    trz bsk aq minta tlog sama guru aq bil smuay
    trz dicoba d scan ad vrusy tp ssh bt mtiin

  4. aku punya masalah, cpu aku terkena virus dan yang terdeteksi adalah autorun.inf dan isinya vertuliskan zhengbo., sekarang FD aku terserang juga, aku hapus tapi tidak bisa hilang, tolong dong bagaimana pemecahannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimah kasih banyak

  5. Saya pengen tanya

    gimana caranya mengembalikan file yang sudah terinfeksih(korup) karna virus,,,,,,

    terima kasih.

  6. bagaimana cara agar flashdisk terhindar dari virus yang ada pada komputer.??
    trims.

  7. Agar flashdisk terhindar dari virus, Anda dapat menggunakan USB Vaksin buatan panda security.
    Selengkapnya…

  8. Thanks banget tipsnya.. Berhasil 100% allhamdulilah virusnya udah hilang

  9. Maaf sebelumnya gimana caranya yah masuk ke safemode??

  10. untuk mencegahnya autorun.inf dateng lagi,,saya diberi tips untuk buat folder dengan nama autorun.inf dan kopas ke flashdisk, soalnya kalo autorun dateng lagi gak bisa rplace,,ternyata ini gak bisa lagi,,dan foldernya berubah jadi angka2…
    ada yang lebih mutakhir lagi gak gan untuk mencegah dateng lagi…
    cara agan diatas memang ok dan gd virus setelah di del dari command prompt tapi buat nyegahnya ada lagi gak..???thanks..

  11. gan..
    ane udah apus sebagian pake command prompt…
    tapi msh ada sebagian yg gx bisa di apus…
    gimana donk gan..?

  12. cara masuk ke safe mode yaitu pas sebelum gambar windows loading muncul, tekan f8, lalu pilih safe mode. klo g bsa, ktikkan msconfig di kolom run, lalu plih boot.ini, beri tanda centang pada safeboot…

  13. Thanks info nya gan.. akan ane coba deh

  14. aku prnah format FDku yang kena recycler n Aututoron, tapi pas aku eject, trus masukin kembali FDku ke CPu, eh nggak bisa kebuka, tulisannya windows can’t find recycler, kok bisa gitu sih?

  15. Hal itu bisa terjadi karena di komputer sudah ada virus (virus trojan) yang siap membuka file lain yang diselundupkan melalui folder recycler. Sedangkan folder recycler sudah terhapus akibat proses format tadi.
    Tips Membasmi Virus

  16. Cara langkah no.4 cara nulisnya benar gm apa pakai spasi

  17. Betul, ada spasi sebelum tanda minus.

  18. wadududu
    thanks ya~!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: