Download Vaksin USB Flashdisk dan Autorun.inf buatan Panda Security

Mengingat semakin merebaknya penggunaan file autorun.inf yang diselundupkan ke dalam USB, yang dilakukan oleh pembuat virus sebagai media penyebaran virus, ada baiknya kita mencoba vaksin USB buatan Panda Security ini untuk memproteksi USB dan komputer kesayangan dari serangan virus.

Apakah Autorun.inf ?

Operating System Microsoft Windows telah sejak lama menggunakan file AUTORUN.INF yang dituliskan di dalam media penyimpanan removable seperti CD, DVD dengan tujuan untuk mengetahui file-file apa saja yang harus dijalankan ketika media penyimpan tersebut dimasukkan ke dalam drive-nya. Tak terkecuali dengan USB drive (flashdisk) dan berbagai perangkat penyimpanan baru lainnya (Multimedia Card, Compact Flash, SD Card, dll). Semua perangkat penyimpanan yang sifatnya removable memiliki kemampuan yang sama.

File AUTORUN.INF sendiri adalah file configuration (mirip dengan file autoexec.bat) yang ditempatkan pada root directory milik media penyimpan removable tersebut. File AUTORUN.INF berisi informasi penting yang di antaranya berupa : referensi mengenai ikon yang harus ditampilkan untuk menunjukkan drive removable tersebut, deskripsi mengenai isi media penyimpanan tersebut, dan program-program apa saja yang harus dijalankan secara otomatis ketika media penyimpanan tersebut dibaca oleh sistem.

Sebagai contoh, komputer akan langsung membaca file AUTORUN.INF ketika Flashdisk dicolokkan ke dalam port USB di komputer tersebut tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Fitur ini sangat berguna ketika diaplikasikan pada CD Instalasi atau CD Multimedia Interaktif. User tidak perlu melakukan apapun untuk mencari-cari file apa yang harus dijalankan, karena sistem komputer telah mengetahui file apa yang harus dijalankan dan di mana lokasinya dengan membaca file AUTORUN.INF tersebut.

Masalahnya kemudian timbul ketika fitur tersebut digunakan secara luas oleh para pembuat virus untuk menggandakan virus buatan mereka. Contoh yang paling mutakhir adalah penyebaran virus W32/Sality, W32/Virutas dan W32/Conficker. Virus-virus ini menyebarkan diri melalui vulnerability, melalui network, dan menyebarkan diri melalui USB Flashdisk.

Mengingat besarnya masalah yang mungkin timbul akibat penyebaran virus melalui berbagai media penyimpanan, sangat disarankan untuk membentengi media penyimpanan ini dengan anti virus. Dengan demikian flashdisk dapat mempertahankan diri apabila ada upaya untuk menuliskan file AUTORUN.INF secara illegal.

Antivirus saja tidaklah cukup

Setelah browsing ke sana kemari, penulis menemukan beberapa situs yang tengah mengembangkan sistem vaksin terhadap USB Flashdisk, di antaranya adalah Panda Security yang beralamat di : http://www.pandasecurity.com

Vaksin buatan panda ini bekerja dengan me-nonaktifkan Autorun sehingga tidak ada program yang akan berjalan secara otomatis ketika CD/DVD atau USB Flashdisk dibaca oleh komputer.Hal ini diperlukan mengingat tidak ada cara yang mudah untuk mematikan fitur Autorun secara menyeluruh pada sistem operasi Microsoft Windows.

Antivirus sangat membantu untuk mendeteksi file-file virus yang disebarkan melalui media penyimpan removable, tapi tidak mungkin mematikan fitur Autorun pada media penyimpan removable tersebut !

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi terhadap USB Flashdisk untuk menjaga adanya intrusi virus yang menuliskan file AUTORUN.INF secara illegal sebagai media penyebaran file-file executable milik mereka.

Bagaimana Vaksin USB Bekerja ?

Berbeda dengan Antivirus, vaksin USB bekerja dengan cara me-nonaktifkan file AUTORUN.INF untuk mencegah infeksi virus yang dapat menyebar secara otomatis. Ketika diaplikasikan pada USB Flashdisk, vaksinnya akan bekerja dengan mematikan secara permanen file AUTORUN.INF dari berbagai kemungkinan : mencegah dari pembacaan, pembuatan, penghapusan, atau modifikasi.

Dengan demikian, ketika diaplikasikan, maka vaksin ini bekerja dengan mematikan fungsi AUTORUN pada Windows dari membaca file-file berbahaya yang mungkin disertakan pada media penyimpan removable tersebut.

Free Download

Panda USB Vaccine adalah free utility yang bekerja pada sistem operasi Windows 200 SP4, Windows XP SP1 – SP3, dan Windows Vista SP0 – SP1.

Anda dapat men-download Panda USB Vaccine dengan meng-klik tombol di bawah ini :

Semoga bermanfaat.

Advertisements

3 Responses

  1. salam kenal, kunjung balik yah

  2. Terima Kasih atas informasinya, saya bersyukur masih ada pembela di sini untuk melawan penjahat Virus…

  3. ini hanya berfungsi buat virus autorun.inf aj kah..?
    klo buat firus yang lain gmana..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: