Apakah Flash ?

Adobe Flash CS4

Logo Adobe Flash CS4

Adobe Flash adalah sebuah aplikasi (baca: platform) untuk membuat berbagai keperluan, dari mulai animasi sampai dengan pemrograman yang rumit. Adobe Flash dahulu dikembangkan oleh Macromedia dan dikenal dengan nama Macromedia Flash. Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash menjadi sebuah cara yang populer untuk menambahkan animasi dan interaktivitas secara online pada halaman-halaman web. Flash hingga saat ini banyak diaplikasikan untuk membuat animasi, iklan, multimedia interaktif, integrasi video pada halaman web, dan sekarang banyak dikembangkan untuk memperkaya aplikasi yang berjalan di internet.

Sama halnya dengan aplikasi grafis lainnya Flash dapat memanipulasi vektor dan bitmap, namun Flash dapat diisi dengan pemrograman yang rumit dan dapat menghasilkan animasi yang ringan apabila dikerjakan dengan mode vektor yang sederhana. Keunggulan Flash lainnya adalah dapat mendukung streaming audio maupun video, hal yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi grafis lainnya, bahkan cukup sulit untuk dikerjakan dengan aplikasi untuk web development lainnya.

Flash bekerja dengan bahasa pemrograman yang dinamakan Action Script. Bahasa ini telah mengalami beberapa kali pengembangan sejak pertama kali diperkenalkan. Versi terakhir adalah Action Script 3.0 atau disingkat AS3, dengan struktur bahasa yang sangat menyerupai javascript. Dengan dukungan Action Script, maka aplikasi yang dibangun dengan Flash dapat ditampilkan secara online di internet. Hal ini kemudian membuat berjamurnya multimedia interaktif di internet. Beberapa di antaranya adalah aplikasi untuk game online, aplikasi web interaktif, online video interaktif, bahkan banyak pula yang dikembangkan untuk kebutuhan telepon seluler.

Flash menghasilkan file dalam format SWF yang ringan. Sebuah game yang ditulis dalam format Flash bisa saja menghasilkan file SWF berukuran beberapa kilobyte saja. SWF adalah kependekan dari “ShockWave Flash”, kata lain yang biasanya dipergunakan untuk menyebutkan file swf adalah Flash Movie. File Flash Movie memiliki ekstensi .swf, yang hanya dapat ditampilkan apabila komputer yang menjalankan aplikasi tersebut telah memiliki plug-in “Flash Player”. File .swf yang ditampilkan secara online tidak dapat “dimainkan” pada komputer yang tidak terhubung ke internet (offline). Hal ini sangat menguntungkan bagi para web developer, mengingat file yang mereka buat tidak mudah untuk “dibajak”.

Flash tidak hanya menghasilkan file dalam format SWF saja. Sebuah aplikasi multimedia interaktif dapat disimpan dalam bentuk file executable, atau biasa dinamakan sebagai Projector (sebuah file yang dapat dieksekusi oleh Microsoft Windows dengan ekstensi .exe, atau oleh Macintosh dengan ekstensi .hqx). Dapat pula berupa file video dengan format QuickTime dengan ekstensi .mov.

Dengan demikian, Flash dapat dikembangkan untuk berbagai kebutuhan, dari mulai untuk pembuatan animasi, sampai pada pemrograman yang rumit.

Perkembangan Flash

Tampilan dektop Adobe Flash CS4

Tampilan desktop Flash CS4

Berikut adalah sejarah perkembangan Flash:

  • Jonathan Gay, Charlie Jackson, dan Michelle Welsh mengembangkan SmartSketch pada tahun 1993. Aplikasi tersebut dibangun untuk menggambar dengan mode vektor.
  • FutureSplash Animator sebagai versi awal Flash diperkenalkan pada bulan April tahun 1996 dengan kemampuan menggambar ditambah dengan timeline, sehingga dapat menghasilkan animasi.
  • Macromedia Flash 1 diperkenalkan pada bulan November 1996. Macromedia adalah re-branded dari FutureSplash Animator.
  • Macromedia Flash 2 diperkenalkan pada bulan Juni 1997, dirilis dengan Flash Player 2, sudah terdapat object library.
  • Macromedia Flash 3 diperkenalkan pada bulan Mei 1998. Dirilis dengan Flash Player 3, fitur baru meliputi Movie Clip, integrasi dengan plug-in JavaScript, dapat mengandung objek transparan dan Flash player yang berdiri sendiri.
  • Macromedia Flash 4 diperkenalkan pada bulan Juni 1999, dirilis dengan Flash Player 4, fitur baru meliputi variabel internal, kotak untuk input tulisan, pengembangan Action Script, dan streaming MP3.
  • Macromedia Flash 5 diperkenalkan pada bulan Agustus 2000, dirilis dengan Flash Player 5, dan telah memiliki Action Script 1.0.
  • Macromedia Flash MX diperkenalkan pada bulan Maret 2002, dirilis dengan Flash Player 6.
  • Macromedia Flash MX 2004 diperkenalkan pada bulan September 2003, dirilis dengan Flash Player 7, dan telah mendukung Action Script 2.0.
  • Macromedia Flash 8 diperkenalkan pada bulan September 2005. Terdiri dari :
    – Macromedia Flash Basic 8, yang memiliki fitur yang terbatas untuk menggambar, animasi, dan interaktivitas.
    – Macromedia Flash 8 Professional dengan tambahan fitur yang difokuskan untuk tampilan yang lebih ekspresif, kualitas, video, dan multimedia untuk ponsel.
  • Adobe Flash CS3 diperkenalkan pada bulan April 2007. Merupakan versi pertama Flash dibawah nama Adobe, Flash CS3 telah mendukung Action Script 3.0.
  • Adobe Flash CS4 diperkenalkan pada bulan Oktober 2008. Memiliki fitur baru Inverse Kinematik (bones), manipulasi objek 3D, animasi berbasis objek, engine teks yang lebih maju, dan pengembangan lebih jauh pada ActionScript 3.0.

Fitur-fitur Kunci pada Flash

Adobe melakukan banyak perubahan pada Flash CS4. Perubahan yang dilakukan menyangkut inovasi pada desain dan pengembangan pada fitur pemrograman Action Script. Pada versi ini kita akan menemukan Flash yang lebih menyatu dengan produk lainnya dari Adobe, khususnya Illustrator dan Photoshop. Lebih dari itu, Flash CS4 sekarang dapat dipergunakan untuk memanipulasi video dan sound. Flash CS4 juga dapat terhubung dengan database untuk mengembangkan aplikasi berbasis web.

Kita mengenal Flash sebagai aplikasi pengembang animasi grafis yang sangat mumpuni, hal ini tidak terlepas dari fitur-fitur utama yang dimiliki oleh Flash. Fitur-fitur kunci yang menjadi kekuatan Flash adalah sebagai berikut :

Lingkungan Menggambar yang Menyenangkan

Flash adalah sebuah lingkungan yang lengkap untuk menggambar. Peralatan yang disediakan dapat dipergunakan untuk mengerjakan gambar dan typografi yang rumit sekalipun. Seperti saudaranya Illustrator, Flash merupakan aplikasi untuk menggambar berbasis vetor. Bekerja dengan Flash berarti kita dapat menghasilkan gambar yang kaya, detil, dan dapat diperbesar atau diperkecil tanpa takut mengalami perubahan pada resolusi gambar. Flash sekarang telah dapat membaca langsung file Illustrator dan Photoshop dalam bentuk aslinya, yakni .ai dan .psd membuat Flash semakin mempermudah penggunanya untuk dapat bekerja pada lingkungan yang disukainya.

Kemampuan Animasi yang Mudah

Flash dapat dipergunakan untuk menciptakan animasi yang ringan. Flash juga dapat mengakomodasi gambar bitmap, sound, dan video. Flash movie dapat dengan cepat didownload dan dapat diintegrasikan melalui website. Beberapa hal inilah yang menyebabkan Flash menjadi lingkungan yang disukai oleh desainer dan developer web yang ingin mengembangkan kreativitasnya pada tingkat yang lebih tinggi. Animasi Flash dapat diintegrasikan dengan website, video, game, sangat popular untuk dipergunakan pada multimedia interaktif, atau web banner. File flash yang sangat ringan membuatnya sangat ideal untuk diaplikasikan pada konten dengan animasi, permainan, dan bahkan pada mobile phone.

Animasi yang dibangun dengan Flash dapat meliputi animasi tradisional frame-by-frame, atau animasi tweening. Berbeda dengan animasi frame-by-frame, animasi tweening dapat dipergunakan untuk membentuk animasi dengan hanya menentukan frame awal dan akhirnya saja. Flash dapat menciptakan frame-frame antara (In between) yang diperlukan untuk menciptakan gerakan, warna, dan transformasi bentuk ataupun efek transisi. Dengan demikian, kita dapat menciptakan animasi yang dibutuhkan dengan berpedoman pada berbagai pendekatan.

Layout yang Tanpa Batas

Stage pada Flash memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam menciptakan layout halaman-halaman website yang menarik tanpa batasan yang biasanya sangat menyulitkan apabila dikembangkan dengan struktur HTML biasa. Kita dapat menempatkan konten web di manapun pada Stage dengan fleksibilitas dan tingkat presisi yang tinggi, jauh meninggalkan website statis di belakangnya. Flash movie juga dapat menyertakan typografi yang kita pilih sehingga dapat menghasilkan tampilan yang menarik dengan font yang kaya tanpa batasan yang biasanya sulit diaplikasikan di luar Flash.

Lingkungan Pemrograman yang Bertenaga

Keindahan tersembunyi pada Flash CS4 Professional terletak pada kemampuan pemrogramannya yang bertenaga. Action Script adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat mengembangkan kemampuan mendesain dan animasi menjadi sebuah aplikasi interaktif yang hidup dan menarik. Dengan Action Script kita dapat mengendalikan movie, membuat dan memberi berbagai fungsi pada tombol. Lebih dri itu, Flash merupakan lingkungan pemrograman visual yang lengkap dan nyaman. Action Script dapat menjadikan movie flash sebagai sebuah aplikasi online yang lengkap untuk berbagai keperluan, termasuk shopping cart, music dan video player, game, bahkan dapat diaplikasikan untuk mobile phone. ■

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: