Informasi sayembara, ajang, kompetisi, kontes dan lomba di Indonesia

Informasi sayembara, info lomba, kompetisi, ajang dan kontes di Indonesia. Info lomba terbaru, sayembara arsitektur, lomba blog, lomba desain, lomba fotografi, lomba video, lomba menulis, lomba ide gagasan, kompetisi olahraga, lomba olimpiade, dan aneka lomba

Sumber: Informasi sayembara, ajang, kompetisi, kontes dan lomba di Indonesia

Advertisements

Free Download Antivirus Panda Cloud Antivirus Free Edition v1.5

Free Download Panda Cloud Antivirus v1.5

Free Download Panda Cloud Antivirus v1.5

Panda Security kembali membuat gebrakan dengan merilis Panda Cloud Antivirus Free Edition yang saat tulisan ini diterbitkan sudah beredar dengan versi 1.5. Panda Cloud Antivirus adalah Antivirus yang bebas untuk di-download dan bebas pula untuk dipakai, termasuk update database virus yang dilakukan secara otomatis melalui software Cloud Antivirus ini. Tentu saja jika Anda mampu untuk membayar, Panda Security juga menyediakan versi berbayar alias PRO Lisence.

Meskipun Panda Cloud Antivirus Free Edition ini bebas untuk kita pergunakan, namun kehebatannya tidak perlu diragukan. Baru-baru ini Panda Cloud Antivirus Free Edition dianugerahi penghargaan “Excellent 5 Star” dari softpedia. Penghargaan ini meliputi cara upgrade software yang otomatis dan transparan, perbaikan dalam penggunaan sumberdaya sistem, kecepatan pemindaian, dan perbaikan dalam rata-rata tingkat pendeteksian malware.

Apakah Cloud Antivirus?

Virus-virus baru memang selalu bermunculan setiap waktu, sehingga percuma saja kita memasang antivirus yang tidak ter-update. Namun, Panda Antivirus memiliki konsep “Cloud computing” yang artinya software ini menggunakan sumberdaya internet. Manfaatnya akan sangat terasa apabila komputer selalu terhubung dengan internet. Dengan konsep “Cloud Computing” maka proses update diambil alih oleh Panda Security pada server-server mereka, sehingga kita tidak perlu melakukan update berkala seperti yang biasa dilakukan pada Software Antivirus Tradisional. Ketika kita terhubung dengan internet maka Panda Security akan langsung melakukan update terhadap Antivirus yang terinstall di komputer kita. Bahkan lebih dari itu, sebagian proses dilakukan secara online, sehingga apabila ada masalah yang tidak dapat terpecahkan, Panda Antivirus akan menawarkan bantuan yang dapat diakses secara online pada waktu itu juga. Enak, bukan? Sudah Free, diurusin pula.

Hal ini sangat berbeda dengan antivirus konvensional, di mana aplikasi Antivirus harus terpasang di setiap PC. Proses pemindaian harus dilakukan secara rutin dengan memanfaatkan tenaga PC itu sendiri dan menggunakan database virus yang sudah ter-update sebelumnya. Proses update pun harus dilakukan secara terus-menerus agar Antivirus tetap sakti untuk bisa menangkal virus-virus baru.

Masalahnya adalah proses pemindaian terkadang memakan daya PC terlalu banyak, dan tidak semua orang rajin melakukan update antivirus secara berkala. Nah, dengan cloud antivirus, maka permasalahan ini tidak akan kita temui lagi. Komputer Anda hanya bertugas untuk memindai dan kemudian melaporkannya ke server Panda Security. Proses “penyembuhan” dilakukan oleh Panda di servernya yang berada di “awan”. Jika terdapat gangguan yang tidak terpecahkan, antivirus ini akan memberikan solusi dalam situsnya.

Saat dalam keadaan offline, antivirus ini tetap bisa memindai file dan folder dari ancaman virus. Hanya saja saat ditemukan permasalahan, Anda mesti menghubungkannya dengan internet guna dikirim ke server dan memecahkan permasalahannya. Hal inilah yang membuat antivirus ini tetap ringan dan cepat.

Panda Cloud memiliki pendekatan unik dalam melindungi PC. Karena berbasis cloud, antivirus ini terasa ringan, cepat, dan bebas perawatan. Namun sama seperti aplikasi berbasis cloud lain, kemampuan Panda Cloud menurun drastis ketika tidak terhubung ke internet.

Panda Cloud Antivirus sendiri memiliki komunitas yang berasal dari seluruh penjuru dunia dan saling membantu mengatasi permasalahan virus yang ada. Mereka akan saling mengumpulkan informasi dan berkolaborasi dalam melaporkan penyebaran virus terbaru. Dalam waktu singkat, virus tersebut sudah dapat teridentifikasi sehingga solusi yang didapat bisa lebih cepat.

Situs Download:
http://www.cloudantivirus.com/en/

Bagaimana Menjaga Anak Berselancar di Internet

 

anak-anak bermain dengan laptop

Anak-anak bermain dengan laptop (sumber: picasaweb.google.com)

Bagi anak-anak, berselancar di dunia maya bisa jadi sangat menyenangkan. Internet penuh dengan hal-hal baru yang belum tentu bisa didapatkan di lingkungan sehari-hari ataupun di sekolahnya. Internet bisa jadi sangatlah bermanfaat dan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Putra-putri Anda dapat mencari berbagai macam informasi yang berharga dari jutaan situs yang tersebar di seluruh dunia.

Namun, ibarat sebuah hutan belantara, Internet bisa menyesatkan penggunanya jika tidak memiliki cukup pedoman dalam menjelajahinya. Apalagi anak-anak merupakan kelompok yang paling potensial untuk dijadikan korban kejahatan dunia maya. Anak-anak juga penuh rasa ingin tahu yang dapat terpenuhi jika mereka mencarinya di internet.

Namun, Internet juga bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi bisa sangat bermanfaat, namun di sisi lain bisa jadi menjerumuskan anak-anak pada hal-hal yang tidak bisa Anda bayangkan sebelumnya. Alih-alih mendapatkan informasi dan pengetahuan baru, anak Anda malah bisa saja terjerumus masuk ke situs-situs dewasa yang tidak layak untuk mereka lihat.

Sebagai orangtua yang baik, Anda tentu bisa menemani anak-anak Anda beselancar. Mengenalkan mereka pada berbagai hal baru dan sekaligus membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Namun, tentu saja Anda tidak dapat mendampingi anak-anak Anda terus menerus. Sebagai orang tua yang bekerja di kantor, Anda tentu tidak dapat memperhatikan kegiatan putra-putri Anda saat mereka mengakses Internet. Menyerahkan pengasuhan kepada pembantu pun bukan solusi yang baik karena dalam hal menjelajah internet, mungkin putra-putri Anda justru “lebih pintar” dari pembantu.

Beberapa tips berikut mudah-mudahan dapat membantu Anda menjaga putra-putri tercinta terhindar dari kejahatan internet sekaligus menjelajah dengan aman di tengah hutan belantara internet.

Kapan Pantasnya Anak Diperkenalkan pada Internet ?

Sedini mungkin Anda dapat memperkenalkan mereka pada internet. Berapa kira-kira usia yang tepat untuk memperkenalkan internet kepada anak-anak ? Tentu tidak ada penelitian yang dapat dijadikan patokan pada usia berapa anak Anda dapat diperkenalkan pada dunia internet. Namun, tidak ada salahnya pada usia dua tahun sekalipun putra-putri Anda dapat mulai diperkenalkan kepada komputer, termasuk dunia internet.

Saat Anda sedang berselancar di dunia maya, anak-anak dapat Anda ajarkan pada hal-hal baru yang mungkin belum pernah dilihatnya di dunia nyata. Anda dapat memperlihatkan aneka binatang, kendaraan, atau apapun yang dapat menjadi topik menarik bagi anak Anda.

Kekayaan dunia maya dapat membantu Anda untuk memperkenalkan beraneka foto binatang yang belum tentu bisa mereka dapatkan di kebun binatang sekalipun! Berkunjung ke kebun binatang tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda dan anak Anda, namun tentu hanya bisa Anda lakukan dengan jadwal yang sangatlah jarang. Dengan bantuan internet mereka dapat diperkenalkan pada aneka satwa dengan jadwal yang dapat Anda sesuaikan sendiri dan tanpa harus berdesak-desakan di Kebun Binatang, bukan ?

Tunjukkan gambar aneka pemandangan yang belum tentu bisa mereka lihat setahun sekali. Carilah foto lingkungan pedesaan yang hanya mereka lihat saat Anda berlibur ke luar kota, demikian halnya foto pemandangan pantai, pegunungan, atau suasana kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang megah. Atau bisa juga Anda kenalkan mereka pada hal-hal lain. Dengan cara yang sama Anda dapat mengenalkan aneka benda, beragam bentuk, berbagai kendaraan darat, laut, dan udara. Singkat kata, ajarkan kepada mereka manfaat positif dari komputer dan internet.

Bantulah Anak Anda Menyelesaikan Tugasnya

Seiring dengan bertambahnya usia putra-putri Anda, maka peran orang tua pun semakin berkurang. Dahulu, Anda yang mengenalkan mereka pada manfaat internet. Maka, ketika mereka sudah bersekolah, mereka dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, ajarkanlah kepada mereka untuk dapat menyalakan komputernya sendiri dari mulai menyolokkan kabel, menghidupkan komputer, menyalakan modem, membuka koneksi internet, browsing, sampai bagaimana membuat account email di situs layanan email. Dengan demikian, tugas Anda lebih ringan ketika mereka sudah membutuhkan komputer dan internet.

Ketika anak-anak Anda sudah bersekolah dan tugas sekolah sudah mulai membebani mereka, maka Anda dapat membantu mereka untuk mengenal mesin pencari. Ajarkan kepada mereka bagaimana caranya mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Anda juga dapat membantu mereka belajar lebih giat dengan menunjukkan situs-situs tutor yang banyak tersebar di belantara internet. Tapi, hati-hatilah agar anak Anda tidak menjadi plagiat yang hanya menyalin bahan dari internet tanpa memprosesnya lebih lanjut. Ajarkanlah untuk menghargai karya orang lain dan tetap bersemangat untuk membuat karya mereka sendiri. Tanamkan kreativitas pada benak mereka agar mereka tidak hanya mencontek, melainkan menghasilkan karyanya sendiri.

Pada usia berapapun Anda kenalkan mereka pada dunia internet, pengawasan dan perlindungan tetaplah harus menjadi perhatian utama. Biasakanlah untuk selalu mengajarkan manfaat positif dari keberadaan internet.

Tempatkan Komputer di Ruang Terbuka

Apakah Anda meletakkan posisi komputer di sudut ruang kerja ? Kali ini, cobalah pertimbangkan untuk memindahkannya di tengah ruang keluarga. Dengan demikian, Anda dapat mengawasi putra-putri Anda selama mereka menggunakan fasilitas internet. Dengan meletakkan komputer di tengah ruang keluarga, maka seluruh anggota keluarga dapat melihat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh putra-putri tercinta selama di depan komputer. Sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak banyak yang senang datang ke warnet karena tempat duduknya tertutup dan kerahasiaan sangat terjaga.

Dengan menempatkan komputer di tengah keluarga, dapat membantu Anda untuk membimbing mereka mengenal internet dengan baik dan aman. Bukankah saat mereka menonton tayangan di televisi pun membutuhkan “Bimbingan Orang tua” ? Ingatlah bahwa internet adalah hutan belantara yang di dalamnya terdapat situs-situs yang sangat bermanfaat, tapi banyak pula situs yang jahat. Dengan bimbingan Anda maka mereka akan mampu menyerap nilai-nilai positif dari keberadaan internet.

Tugas Anda selanjutnya adalah mengajari mereka menggunakan email. Ajarilah mereka bagaimana manfaat email yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang mereka kenal atau mungkin yang ingin mereka hubungi. Di samping itu, Anda juga dapat mengajarkan kepada mereka agar tidak membuka sembarang email yang masuk untuk mencegah virus dan spam. Jangan lupa pula untuk memperingatkan mereka agar menolak ajakan chatting dan membeberkan identitas pribadi atau keluarga kepada orang-orang yang sama sekali tidak mereka kenal. Bukankah tidak jarang kita mendengar berita tentang penculikan yang dilakukan karena ajakan yang berawal dari chatting di media jejaring sosial tertentu ?

Ya, dengan menempatkan posisi komputer di ruang terbuka, maka kesempatan Anda untuk membimbing mereka akan jauh lebih banyak ketimbang membiarkan mereka asyik sendiri dengan komputer di pojok ruangan. Biasakan untuk mengajak mereka berdiskusi secara santai dan terbuka selama mereka melakukan aktivitas berinternet. Anda bisa pula meminta anak Anda untuk menceriterakan apa saja yang mereka lakukan selama di depan komputer, browsing ke mana saja, chatting dengan siapa, atau siapa saja temannya yang saling berkirim email.

Pasang filter di Komputer Anda

cybersitterBeruntunglah, saat ini pemerintah sudah bekerja keras untuk melindungi warganya dari kejahatan internet. Pemerintah telah membentuk Nawala Project yang bertugas menyaring konten yang tidak layak dibuka. Nawala Nusantara adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan situs negatif. Proyek ini akan membantu Anda untuk menyaring jenis situs-situs negatif yang tidak sesuai bagi putra-putri Anda. Selain itu, Nawala Nusantara juga akan menyaring situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware (software jahat), situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

Kemajuan teknologi memang telah memudahkan manusia untuk mencapai tujuannya. Namun, kemajuan teknologi juga membuat Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat melindungi putra-putri Anda dari hal-hal yang belum layak untuk mereka buka. Dahulu, orang tua kita cukup memeriksa tas sekolah putra-putrinya jika mereka mencurigai sesuatu. Maklumlah, buku “stensilan” biasanya beredar dari tangan ke tangan di kalangan anak sekolahan. Sekarang, hal-hal semacam itu bisa sangat mudah didapat di internet bahkan dengan jumlah yang tak terbayangkan. Lebih dari itu, gambar dan video pun dengan mudah dapat mereka peroleh. Oleh karena itu, memasang filter penyaring mutlak diperlukan untuk melindungi putra-putri Anda tercinta.

Banyak pilihan perangkat lunak penyaring (baca: Parental Control Software) yang dapat Anda gunakan, baik yang berbayar maupun yang gratis. Contohnya Net Nanny yang bisa Anda unduh dari situsnya: www.netnanny.com atau Cyber Sitter dari situs: www.cybersitter.com bisa pula Kids Watch Time Control dari situsnya : www.kidswatch.com . Perangkat lunak ini dapat Anda percaya untuk melakukan tugas menyaring situs-situs yang dianggap berbahaya. Namun, tentu saja masing-masing memiliki fitur yang beragam dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya apabila Anda mencoba memasang perangkat lunak penyaring ini agar mengurangi resiko bahayanya internet.

Namun, Anda tentu tidak dapat mempercayakan internet yang bersih dan sehat melalui berbagai upaya tadi, bukan ? Perangkat lunak penyaring biasanya bekerja setelah masyarakat melaporkan situs situs berbahaya tadi pada organisasi mereka. Padahal, setiap hari selalu bermunculan situs-situs baru yang bermuatan negatif. Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah sewajarnya apabila kita sering memeriksa apa saja yang ada di dalam komputer yang biasa dipergunakan oleh putra-putri tercinta. Hanya dengan bimbingan Andalah mereka kelak akan dapat menyaring apa yang layak dan benar-benar mereka butuhkan. Sudah menjadi tugas kita untuk membimbing putra-putri kita agar dapat memanfaatkan internet dengan baik dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Filter apapun tidak akan efektif jika Anda tidak turut mengawasi kegiatan putra-putri Anda. ■<kursusprivat.com>

Bahan Ajar Multimedia Interaktif

Bahan Ajar Praktikum Multimedia Interaktif, silahkan diunduh di sini:

Flash Interaktif – Hadi Sutopo

Apakah Javascript?

Mengenal Javascript

Javascript adalah sebuah teknologi yang sekarang sangat dikenal dan melekat pada teknologi web. Seperti halnya HTML, Javascript telah menjadi standar bagi pengembangan website. Disertakan dalam halaman HTML sebagai salah satu cara untuk menambahkan interaktivitas bagi HTML yang sifatnya statis, tidak mengizinkan pemrograman dan hal-hal yang berhubungan dengan logika.

Javascript telah berkembang dengan baik dan diterima sebagai standar bahasa pemrograman pada website. Faktanya, saat ini javascript bukan hanya sekedar sebuah bahasa scripting untuk kebutuhan web, melainkan sudah benar-benar menjadi bahasa yang diterima oleh semua browser, dapat berjalan pada berbagai Sistem Operasi (multi-platform), dan menjadi bahasa pemrograman yang multiguna. Hal ini bukan karena javascript dibuat dan dikembangkan sebagai bahasa pemrograman pada browser, akan tetapi lebih disebabkan oleh sifatnya yang fleksibel, expresif, dan menjadi bahasa yang dapat dipergunakan dengan mudah, baik oleh programmer amatir maupun para professional.

Dengan keberadaan internet seperti sekarang ini, kita dapat mengucapkan terimakasih pada teknologi website yang menghadirkan kemampuan dan kekuatannya untuk berbagai keperluan dalam kehidupan kita, namun kita juga harus berterimakasih kepada Javascript sehingga kita dapat melihat teknologi website yang memiliki kemampuan dan kekuatannya seperti sekarang.

SEJARAH JAVASCRIPT

Javascript pertama kali dibuat sebagai sebuah pengembangan bagi Netscape yang bernama Mocha. Javascript diciptakan pertama kali oleh seorang programmer bernama Brendan Eich yang pada saat itu menciptakan sebuah tambahan kecil untuk memberi kemampuan merespon pada halaman web, terutama bagi form-form website. Netscape dan Sun Microsystems yang mengembangkan Javascript pada saat itu tidak mengarahkan kemampuan baru tersebut untuk mengubah syntax HTML yang telah ada beserta strukturnya yang telah kompleks. Dengan demikian, sebuah bahasa scripting telah lahir, hidup dan berkembang, bertahan hidup hingga saat ini.

Pada bulan Desember 1995, javascript mulai diperkenalkan pada browser Netscape versi 2.0B3. Sebelum peluncuran edisi resminya, namanya bukanlah Javascript melainkan LiveScript. Pada masa itu, bahasa ini banyak dikritik karena kurang aman, pengembangannya terkesan terburu-buru, dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan ketika kita membuat kesalahan pada program.

Pada bulan Maret 1996, Netscape 2.0 dilepas ke pasaran dengan versi awal bahasa Javascript. Bulan Agustus 1996 Microsoft meluncurkan Internet Explorer 3.0 dengan fitur yang sama bernama Jscript dengan beberapa tambahan kecil untuk perbaikan.

Bulan Juni 1997, sebuah Badan Standarisasi Internasional bernama ECMA menyetujui untuk meluluskan permintaan Netscape agar bahasa tersebut menjadi bahasa standar. Versi standar bahasa tersebut kemudian dikenal dengan nama ECMAScript (ECMA – 262) dan telah mengalami revisi sebanyak 4 kali sejak tahun 1997 hingga tahun 2009.

Melihat pada sejarahnya, wajar apabila sekarang timbul kebingungan mengenai perbedaan antara JAVASCRIPT, ECMAScript, dan Jscript. Singkatnya, ECMAScript mengacu pada versi yang telah distandarisasi dan dipublikasikan, sedangkan JavaScript dan Jscript lebih merupakan dialek atau implementasi dari bahasa standar tersebut. Namun, seperti halnya merek dagang, nama JavaScript akan tetap melekat pada nama bahasa tersebut, sehingga kita lebih mengenal nama Javascript daripada ECMAScript.

Javascript sering disandingkan dan disalahtafsirkan dengan Java. Hal ini disebabkan oleh nama awalnya yang sama, padahal keduanya berbeda. Sebagai contoh, Java dikembangkan dengan berdasarkan pada Class, sedangkan Javascript hanya berdasarkan pada Object. Javascript adalah bahasa yang dibangun sebagai sebuah bahasa yang sederhana, ringan, dan berdayaguna, sedangkan Java dikembangkan sebagai lingkungan pemrograman yang lengkap. Pengembang yang ingin menggunakan fitur-fitur yang canggih dari Java ke dalam Javascript, biasanya akan berhadapan dengan perbedaan-perbedaan ini.

Javascript saat ini tidak hanya digunakan pada halaman-halaman web. Setelah ECMA melakukan standarisasi, maka bahasa ini kemudian banyak diterapkan sebagai bahasa scripting bagi berbagai jenis teknologi seperti Flash, Adobe Acrobat, Microsoft .NET, dan bahkan dipakai untuk menuliskan widget (aplikasi kecil untuk kegunaan sehari-hari) pada desktop komputer. Tidaklah mengherankan apabila ECMAScript mengalami revisi berkali-kali dalam jangka waktu yang relatif pendek – hal ini menyebabkan para pembuat browser harus memperbarui softwarenya secepatnya meskipun banyak pula yang kurang setuju dengan arah pengembangannya.

Tahapan Programmer untuk Mengembangkan Javascript

Jika Anda orang yang baru belajar bahasa pemrograman, mungkin akan kewalahan dengan jumlah sumber bacaan yang berlimpah di internet. Atau Anda juga bisa membaca beberapa buku yang beredar di pasaran, bahkan mungkin telah mencoba membuat program-program dalam bahasa tersebut agar Anda dapat memahaminya.

John Resig dari pengembang jQuery dan Mozilla yang terkenal, memaparkan bahwa alur umum untuk pengembangan Javascript bagi programmer pemula adalah sebagai berikut:

  • Object Reference ada di mana-mana : Operasi akan sangat berguna apabila melibatkan referensi objek yang sangat besar seperti DOM (Document Object Model) atau sebuah elemen dari halaman web, atau sebuah function. Document Object Model adalah kumpulan yang sangat besar mengenai referensi hierarki objek dan elemen yang dapat dimanipulasi dengan mudah seperti kita melakukan pengaturan property pada objek.
  • Kita dapat membuat objek dan nama sendiri : Biasanya pengembang sadar bahwa Javascript adalah Pemrograman Berorientasi Objek, namun tidak sepenuhnya memahami fitur-fitur yang dapat digunakan, oleh karena itu mereka mulai membuat beberapa API yang mendasar dengan mengikuti prinsip-prinsip Pemrograman Berorientasi Objek.
  • Object Prototype memungkinkan kita untuk menciptakan Object Oriented class : Ketika programmer memahami bagaimana menciptakan instance dari objek dan fungsi untuk membangun pseudo-class, maka ia akan mencoba membuat prototype constructor, dimulai dengan membangun class-based API untuk kegunaan tertentu dan memelihara referensi objek antar program.
  • Closure : pada tahapan ini programmer umumnya menemukan bagaimana closure dapat menolong memecahkan beberapa masalah yang berhubungan dengan tahapan ketiga ketika membangun API Interconnected yang rumit.

Aplikasi yang Menggunakan JavaScript

Seperti sudah dibahas sebelumnya, Javascript atau ECMAScript bukan hanya ditempatkan di halaman web, melainkan di berbagai aplikasi. Tidak mengherankan apabila memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada aplikasi apa ia ditempatkan.

Berikut ini adalah contoh-contoh di mana teknologi javascript ditempatkan :

Browser Internet

Browser Internet adalah di mana Javascript berasal dan menjadi platform utamanya. Javascript dapat dijalankan bersamaan dengan halaman web atau bahkan dalam bentuk plug-in seperti pada Firefox. Javascript yang dikembangkan untuk kebutuhan internet tentu harus dapat dijalankan pada berbagai browser internet. Tiga target utama biasanya adalah browser Firefox, Internet Explorer, dan Safari.

Javascript pada browser internet akan dijalankan dengan baik meskipun pada Operating System yang berbeda. Tidak ada perbedaan antara Mac atau PC. Namun, akan sedikit rumit ketika harus diaplikasikan pada platform mobile seperti handphone atau game console. Kebanyakan ponsel menggunakan browser Opera, seperti halnya browser pada Nintendo Wii. Blackberry menggunakan browser dan javascript enginenya sendiri, sedangkan Apple i-Phone menggunakan Safari yang telah dirampingkan.

Salah satu keputusan kunci ketika menuliskan Javascript untuk kebutuhan platform mobile adalah performa tak terukur yang ditawarkan oleh peralatan-peralatan ini. Dalam kasus ini, sangatlah penting untuk menerapkan kode-kode yang memiliki tingkat performa yang tinggi.

Server-Side Javascrip

Meskipun dikembangkan dalam aturan yang berbeda, Javascript telah banyak diterapkan sebagai bahasa server-side scripting, seringkali dipergunakan untuk menampilkan halaman web. Dikembangkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1996 sebagai bagian dari produk Enterprise Server 3.0 dalam bentuk fitur bernama LiveWire. Sekarang banyak server-side framework yang menerapkan Javascript, beberapa di antaranya menggunakan interpreter open source seperti Rhino atau spiderMonkey. Microsoft menggunakan interpreter (bernama Jscript) pada browser dan .NET . Bahkan framework ASP buatan Microsoft pun menawarkan Jscript sebagai bahasa yang dapat dipergunakan. Meskipun saat ini sangat sedikit programmer yang memilih Jscript ketika menulis program menggunakan .NET , akan tetapi Jscript tetap hidup pada produk-produk dari vendor lainnya.

Action Script dan Flash

ActionScript diperkenalkan pada Macromedia Flash Player 5 sebagai perbaikan terhadap fitur scripting pada Flash sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memungkinkan adanya gerakan dan perilaku buatan berdasarkan pada input oleh pengguna. ActionScript adalah sebuah implementasi lengkap dari ECMAScript versi pertama yang mengijinkan pemrograman bergaya procedural dan Object Oriented. Pada saat Adobe menggantikan Macromedia, ActionScript 2.0 dirilis sebagai implementasi draft ECMAScript versi 4.

Saat ini, ActionScript diterapkan pada Flash dan Flex, yang dipergunakan oleh sejumlah besar pengembang professional.

Adobe Integrated Runtime (AIR)

Adobe Integrated Runtime (AIR) adalah sebuah teknologi yang relatif baru. Diperkenalkan oleh Adobe sebagai bagian dari kumpulan aplikasi mereka. Adobe AIR menawarkan pengembangan aplikasi yang memiliki sifat lintas-platform menulis-satu kali, dan berjalan di manapun, dengan fokus utama pada kemudahan integrasi dengan web. Pengembang dapat menuliskan programnya dalam FLEX atau HTML dengan Javascript yang kemudian dapat dikompilasi untuk dapat berjalan pada Operating System MacOSX, Windows, atau Linux.

Produk Adobe Lainnya

  • Adobe Dreamweaver – Javascript dipergunakan untuk membuat plug-in.
  • Adobe Acrobat – Javascript dipergunakan untuk kustomisasi Interface.
  • Adobe InDesign.

Desktop Widget

Melihat popularitas widget pada Apple Dashboard, atau Yahoo dengan widget Konfabulator, dan Microsoft Gadget untuk Vista, jelaslah bahwa Javascript menjadi bahasa yang baik dan layak dipilih dalam mengembangkan desktop dan dashboard untuk berbagai keperluan. Widget dapat berupa sebuah jam, kalender, pembaca berita, image slideshow atau berupa sebuah game puzzle yang sederhana. Dalam banyak kasus, widget-widget tersebut umumnya dibangun menggunakan kombinasi dari Javascript, CSS, HTML, dan XML. Mengingat berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh Javascript, misalnya untuk system file, maka widget tersebut umumnya berjalan sebagai sebuah halaman web yang kecil. Widget pada Apple Dashboard memiliki kemampuan tambahan dari penggunaan elemen Canvas untuk urusan grafis, karena ditampilkan dengan menggunakan engine Webkit milik Safari.

Nah, mengingat banyak kelebihan yang dimiliki oleh Javascript, sangatlah dianjurkan apabila ingin menjadi web developer kita mempelajari Javascript. Sifatnya yang fleksibel dan sintaksnya yang memiliki banyak kemiripan dengan bahasa pemrograman lain seperti ActionScript, PHP, Java, dan bahasa lain turunan bahasa C, akan memudahkan kita untuk mempelajarinya secara cepat.

Tutorial Javascript»

Flash: Fitur-fitur Baru pada Adobe Flash CS4

Flash telah banyak memperkaya konten web, media-media yang sangat sulit untuk ditampilkan melalui HTML dapat dengan mudah diintegrasikan melalui Flash movie. Suara dalam format mp3 dapat dengan mudah disiapkan dalam bentuk flash movie, tidak ketinggalan media canggih berbentuk video pun dapat dengan mudah pula diintegrasikan ke dalam website atas bantuan flash. Keberadaan Flash telah menyebabkan tumbuh suburnya video yang dapat dinikmati secara online dewasa ini.

Flash seolah-olah telah menjadi standar untuk animasi, interaktivitas, game, dan multimedia secara online. Tidak salah apabila kemudian Adobe systems mengintegrasikan Flash ke dalam produk mereka. Adobe sebagai pengembang terkemuka untuk urusan komputer grafis kini memegang sepenuhnya kendali multimedia di dunia internet. Berbagai inovasi telah banyak dilakukan untuk mengubah wajah Flash yang telah lama dikenal, sehingga menjadi jauh lebih baik lagi.

Beberapa perubahan yang telah dilakukan Adobe untuk menambah kekuatan pada Flash CS4 adalah sebagai berikut:

Tweening dengan Cara Baru

Adobe telah memperkenalkan Flash yang dilengkapi dengan engine animasi baru, yang mengubah cara membuat dan melakukan motion tween yang selama ini telah sangat dikenal oleh penggunanya. Adobe telah menciptakan cara yang lebih mudah dan lebih intuitif untuk membuat animasi otomatis Motion tween tersebut. Animasi dalam bentuknya yang baru sekarang akan menciptakan tween span, yakni serangkaian frame yang mencatat dan menganimasikan perubahan-perubahan posisi, skala, dan warna pada objek yang ada di Stage.

Flash sekarang dapat mencatat perubahan yang dilakukan pada objek. Untuk membuat motion tween, cukup geser playhead pada timeline, kemudian lakukan perubahan objek. Flash akan mencatat perubahan yang dilakukan dan akan menciptakan animasi yang diperlukan. Motion tween sekarang seara otomatis akan memperlihatkan motion path yang sekaligus memperlihatkan jalur (trajectory) pada objek. Motion path juga dapat langsung dipilih dan dapat dengan mudah dilakukan perubahan.

Motion Preset

Dalam membangun animasi seringkali perlakuan yang sama terhadap satu objek diperlukan pada objek yang lain. Perlakuan tersebut dapat disimpan ke dalam bentuk preset. Preset yang telah kita simpan akan mempermudah penggunaannya pada objek yang lain namun memerlukan animasi yang sama. Dengan kata lain, kita dapat menyimpan perubahan yang dilakukan menjadi sebuah preset, yang pada suatu saat dapat dipanggil kembali untuk menghasilkan bentuk animasi yang sama untuk objek yang berbeda.

Panel baru Motion Preset dapat memudahkan kita untuk mengelola preset animasi dengan cara menyusun, memilih dan mengaplikasikannya pada tween span di Timeline.

Motion Editor

Motion Tween saja dirasa tidak cukup, diperlukan pengaturan yang lebih detil untuk membuat animasi dengan gerakan yang lebih kaya. Adobe sekarang telah menambahkan Motion Editor yang bias dipergunakan untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan animasi. Motion Editor menampilkan format garis/kurva dan angka yang berhubungan dengan perubahan koordinat, rotasi, skala, transparansi, dan sebagainya.

Motion Editor memungkinkan penggunanya untuk mengatur berbagai aspek yang bisa diubah tanpa harus selalu berhubungan dengan objek pada stage. Kita dapat menambahkan atau mengurangi titik-titik kontrol pada Motion Editor bahkan tanpa menyentuh apapun pada Stage.

Easing Behavior

Membuat animasi bouncing biasanya dilakukan dengan cara manual. Sekarang easing behavior telah ditambahkan sehingga pengguna Flash tidak perlu kesulitan lagi untuk membuat animasi bouncing. Lebih dari itu, kita dapat menggunakan beberapa easing behavior sekaligus dalam satu tween.

Deco dan Spray Brush Tool

Drawing Tools pada Adobe Flash CS4 mendapat 2 anggota baru, yakni Deco Tool dan Spray Brush Tool. Deco Tool (kependekan dari Decorative Tool) dapat dipergunakan untuk membuat pola berupa bunga dan daun yang dapat dianimasikan menjadi efek yang menarik. Deco Tool berisi juga Grid Fill dan Symmetry Brush. Grid Fill dapat dipergunakan untuk mengisi suatu area dengan gambar yang kita buat sehingga menjadi pola yang menarik. Sama halnya dengan grid fill, Symmetry Brush juga dapat dipergunakan untuk memperbanyak objek yang kita buat dengan pola yang terpusat pada satu titik (polar). Grid Fill dan Symmetry Brush menggunakan symbol pada library sebagai objek yang akan diperbanyak.

Spray Brush Tool adalah cara menggambar baru dengan menggunakan objek yang telah kita buat sebagai pola untuk disemprotkan di Stage. Pola ini dapat kita atur persebarannya sehingga dapat menghasilkan gambar yang mirip dengan cat yang disemprotkan pada satu permukaan. Spray Brush Tool menggunakan symbol pada library yang akan digunakan sebagai objek yang akan diperbanyak. Pola persebaran objek tersebut dapat kita atur melalui ukuran brush, skala objek, rotasi objek, dan pengaturan skala dan rotasi objek secara acak/random.

3D Rotation dan 3D Translation Tool

Perubahan yang cukup mendasar dilakukan Adobe pada Flash CS4 adalah kemampuannya untuk bekerja dengan 3Dimensi . Flash CS4 telah dilengkapi dengan perangkat untuk melakukan rotasi dan translasi pada modus 3Dimensi. Movie Clip sekarang telah diberi kemampuan baru untuk bisa melakukan rotasi dan transformasi pada sumbu x, y, dan z. Dengan demikian, semua aspek yang berhubungan dengan ketiga sumbu tersebut dapat kita pergunakan dan kita edit untuk membuat animasi. Seluruh pengaturan animasi tersebut dapat kita lakukan pada Timeline dan Motion Editor.

Objek-objek 2Dimensi dalam Adobe Flash CS4 sekarang dapat dirender ke dalam dunia 3Dimensi, dengan satu langkah tambahan 3D Rotation Tool dan 3D Translation Tool maka objek-objek 2D tadi akan berada dalam dunia 3D berikut segala macam atribut yang melekat di dalamnya, seperti perspektif, camera, pan effect, dsb. Apapun jenis objeknya, gambar, teks, bahkan bitmap sekalipun, kita dapat mengaturnya dalam tiga arah: X, Y, dan Z. Sebagai tambahan yang menarik, Flash dapat mengatur pergerakan objek-objek tersebut melalui program. Dengan demikian, programmer dapat menghasilkan efek-efek 3Dimensi yang sangat menarik untuk berbagai keperluan. Perintah-perintah dan class dalam ActionScript 3.0 dapat membantu kebutuhan pemrograman tersebut.

Bone Tool dan Bind Tool

Perubahan lain yang sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh animator adalah adanya tools baru berupa Bone Tool dan Bind Tool. Keduanya sangat berguna ketika animator membutuhkan cara yang mudah untuk membuat animasi objek yang memiliki struktur tubuh yang kompleks seperti manusia dan binatang. Dengan adanya Bone Tool dan Bind Tool, maka gerakan yang rumit pun sekarang dapat dikerjakan dengan lebih mudah.

Salah satu keuntungan dari adanya Bone Tool dan Bind Tool adalah adanya pengaturan Inverse Kinematics atau IK. Inverse Kinematics adalah salah satu istilah yang populer bagi 3D Animator. Inverse Kinematics dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut: Ketika kita mengangkat gelas untuk minum, maka jari-jari tangan akan mengarahkan gelas untuk mendekati mulut kita. Lengan bawah dan lengan atas tanpa kita sadari akan berkoordinasi untuk membentuk gerakan yang mengikuti posisi jari-jari kita.

Sekarang, kita dapat menggabungkan shape dan symbol untuk membangun objek Inverse Kinematics, membuat pose-pose tertentu dari objek tersebut, dan membuat animasi melalui pose-pose tersebut di dalam Timeline. Bone Tool dan Bind Tool memungkinkan kita untuk membuat hubungan antar objek dan kemudian mengeditnya. Pada akhirnya akan membuka banyak kemungkinan bagi animator dan pengguna Flash lainnya untuk membuat animasi yang mereka sukai.

Library Management

Library adalah panel yang berisi symbol yang dipergunakan pada Movie Flash. Pada Flash CS4, symbol-symbol yang baru dapat dikelompokkan ke dalam folder. Selain itu, kita dapat mencari symbol dengan menggunakan kotak Search. Ketikkan nama symbol yang dicari pada kotak Search yang terletak di bagian atas panel Library.

Interface yang Baru

Adobe telah membekali Flash CS4 dengan Interface dan Workspace yang baru. Beberapa panel kunci seperti Timeline, Property, dan Toolbar sekarang ditata ulang disesuaikan dengan kebutuhan user. Adobe telah menyediakan beberapa preset yang memudahkan penggunanya untuk menata interface Flash sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang ditangani. Preset yang disediakan meliputi: Animator, Classic, Debug, Designer, Developer, Essential. Preset Classic adalah layout interface yang paling mendekati keadaan interface tradisional.

Beberapa panel diberi nilai yang lebih besar seperti panel property inspector yang diletakkan secara vertical di bagian kanan layar. Demikian halnya panel akses untuk membuka panel color, align, dan library diletakkan secara vertical dan disediakan berupa ikon yang dapat dikembangkan dengan mudah satu demi satu atau mode expanding yang dapat memperlebar panel-panel tersebut secara bersamaan.

F4V Video

Adobe Flash CS4 menyediakan dukungan penuh terhadap video dengan format baru, yakni F4V. Format ini menjanjikan standar kualitas yang lebih tinggi pada bit rate yang lebih rendah, dan mendukung format video MPEG-4 dan format audio AAC. F4V juga mendukung encoding dengan codec h.264, standar industri baru untuk mengirimkan video dengan kualitas High Definition secara online.

F4V dapat dilihat jika kita mengimpor video melalui menu: File > Import > Import Video, bisa juga melalui Adobe Media Encoder.

Adobe Media Encoder

Adobe Media Encoder menggantikan interface sebelumnya yang dinamakan Flash Video Encoder. Dirancang khusus untuk kebutuhan encoding video streaming. Dengan Adobe Media Encoder kita dapat menyiapkan video dalam format .flv atau .f4v dan kemudian menggabungkannya dengan movie flash sehingga dapat menghasilkan multimedia interaktif yang menarik.

Demikian, informasi mengenai beberapa fasilitas penting yang ditambahkan pada Adobe Flash CS4. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat.

Apakah Flash ?

Adobe Flash CS4

Logo Adobe Flash CS4

Adobe Flash adalah sebuah aplikasi (baca: platform) untuk membuat berbagai keperluan, dari mulai animasi sampai dengan pemrograman yang rumit. Adobe Flash dahulu dikembangkan oleh Macromedia dan dikenal dengan nama Macromedia Flash. Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash menjadi sebuah cara yang populer untuk menambahkan animasi dan interaktivitas secara online pada halaman-halaman web. Flash hingga saat ini banyak diaplikasikan untuk membuat animasi, iklan, multimedia interaktif, integrasi video pada halaman web, dan sekarang banyak dikembangkan untuk memperkaya aplikasi yang berjalan di internet.

Sama halnya dengan aplikasi grafis lainnya Flash dapat memanipulasi vektor dan bitmap, namun Flash dapat diisi dengan pemrograman yang rumit dan dapat menghasilkan animasi yang ringan apabila dikerjakan dengan mode vektor yang sederhana. Keunggulan Flash lainnya adalah dapat mendukung streaming audio maupun video, hal yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi grafis lainnya, bahkan cukup sulit untuk dikerjakan dengan aplikasi untuk web development lainnya.

Flash bekerja dengan bahasa pemrograman yang dinamakan Action Script. Bahasa ini telah mengalami beberapa kali pengembangan sejak pertama kali diperkenalkan. Versi terakhir adalah Action Script 3.0 atau disingkat AS3, dengan struktur bahasa yang sangat menyerupai javascript. Dengan dukungan Action Script, maka aplikasi yang dibangun dengan Flash dapat ditampilkan secara online di internet. Hal ini kemudian membuat berjamurnya multimedia interaktif di internet. Beberapa di antaranya adalah aplikasi untuk game online, aplikasi web interaktif, online video interaktif, bahkan banyak pula yang dikembangkan untuk kebutuhan telepon seluler.

Flash menghasilkan file dalam format SWF yang ringan. Sebuah game yang ditulis dalam format Flash bisa saja menghasilkan file SWF berukuran beberapa kilobyte saja. SWF adalah kependekan dari “ShockWave Flash”, kata lain yang biasanya dipergunakan untuk menyebutkan file swf adalah Flash Movie. File Flash Movie memiliki ekstensi .swf, yang hanya dapat ditampilkan apabila komputer yang menjalankan aplikasi tersebut telah memiliki plug-in “Flash Player”. File .swf yang ditampilkan secara online tidak dapat “dimainkan” pada komputer yang tidak terhubung ke internet (offline). Hal ini sangat menguntungkan bagi para web developer, mengingat file yang mereka buat tidak mudah untuk “dibajak”.

Flash tidak hanya menghasilkan file dalam format SWF saja. Sebuah aplikasi multimedia interaktif dapat disimpan dalam bentuk file executable, atau biasa dinamakan sebagai Projector (sebuah file yang dapat dieksekusi oleh Microsoft Windows dengan ekstensi .exe, atau oleh Macintosh dengan ekstensi .hqx). Dapat pula berupa file video dengan format QuickTime dengan ekstensi .mov.

Dengan demikian, Flash dapat dikembangkan untuk berbagai kebutuhan, dari mulai untuk pembuatan animasi, sampai pada pemrograman yang rumit.

Perkembangan Flash

Tampilan dektop Adobe Flash CS4

Tampilan desktop Flash CS4

Berikut adalah sejarah perkembangan Flash:

  • Jonathan Gay, Charlie Jackson, dan Michelle Welsh mengembangkan SmartSketch pada tahun 1993. Aplikasi tersebut dibangun untuk menggambar dengan mode vektor.
  • FutureSplash Animator sebagai versi awal Flash diperkenalkan pada bulan April tahun 1996 dengan kemampuan menggambar ditambah dengan timeline, sehingga dapat menghasilkan animasi.
  • Macromedia Flash 1 diperkenalkan pada bulan November 1996. Macromedia adalah re-branded dari FutureSplash Animator.
  • Macromedia Flash 2 diperkenalkan pada bulan Juni 1997, dirilis dengan Flash Player 2, sudah terdapat object library.
  • Macromedia Flash 3 diperkenalkan pada bulan Mei 1998. Dirilis dengan Flash Player 3, fitur baru meliputi Movie Clip, integrasi dengan plug-in JavaScript, dapat mengandung objek transparan dan Flash player yang berdiri sendiri.
  • Macromedia Flash 4 diperkenalkan pada bulan Juni 1999, dirilis dengan Flash Player 4, fitur baru meliputi variabel internal, kotak untuk input tulisan, pengembangan Action Script, dan streaming MP3.
  • Macromedia Flash 5 diperkenalkan pada bulan Agustus 2000, dirilis dengan Flash Player 5, dan telah memiliki Action Script 1.0.
  • Macromedia Flash MX diperkenalkan pada bulan Maret 2002, dirilis dengan Flash Player 6.
  • Macromedia Flash MX 2004 diperkenalkan pada bulan September 2003, dirilis dengan Flash Player 7, dan telah mendukung Action Script 2.0.
  • Macromedia Flash 8 diperkenalkan pada bulan September 2005. Terdiri dari :
    – Macromedia Flash Basic 8, yang memiliki fitur yang terbatas untuk menggambar, animasi, dan interaktivitas.
    – Macromedia Flash 8 Professional dengan tambahan fitur yang difokuskan untuk tampilan yang lebih ekspresif, kualitas, video, dan multimedia untuk ponsel.
  • Adobe Flash CS3 diperkenalkan pada bulan April 2007. Merupakan versi pertama Flash dibawah nama Adobe, Flash CS3 telah mendukung Action Script 3.0.
  • Adobe Flash CS4 diperkenalkan pada bulan Oktober 2008. Memiliki fitur baru Inverse Kinematik (bones), manipulasi objek 3D, animasi berbasis objek, engine teks yang lebih maju, dan pengembangan lebih jauh pada ActionScript 3.0.

Fitur-fitur Kunci pada Flash

Adobe melakukan banyak perubahan pada Flash CS4. Perubahan yang dilakukan menyangkut inovasi pada desain dan pengembangan pada fitur pemrograman Action Script. Pada versi ini kita akan menemukan Flash yang lebih menyatu dengan produk lainnya dari Adobe, khususnya Illustrator dan Photoshop. Lebih dari itu, Flash CS4 sekarang dapat dipergunakan untuk memanipulasi video dan sound. Flash CS4 juga dapat terhubung dengan database untuk mengembangkan aplikasi berbasis web.

Kita mengenal Flash sebagai aplikasi pengembang animasi grafis yang sangat mumpuni, hal ini tidak terlepas dari fitur-fitur utama yang dimiliki oleh Flash. Fitur-fitur kunci yang menjadi kekuatan Flash adalah sebagai berikut :

Lingkungan Menggambar yang Menyenangkan

Flash adalah sebuah lingkungan yang lengkap untuk menggambar. Peralatan yang disediakan dapat dipergunakan untuk mengerjakan gambar dan typografi yang rumit sekalipun. Seperti saudaranya Illustrator, Flash merupakan aplikasi untuk menggambar berbasis vetor. Bekerja dengan Flash berarti kita dapat menghasilkan gambar yang kaya, detil, dan dapat diperbesar atau diperkecil tanpa takut mengalami perubahan pada resolusi gambar. Flash sekarang telah dapat membaca langsung file Illustrator dan Photoshop dalam bentuk aslinya, yakni .ai dan .psd membuat Flash semakin mempermudah penggunanya untuk dapat bekerja pada lingkungan yang disukainya.

Kemampuan Animasi yang Mudah

Flash dapat dipergunakan untuk menciptakan animasi yang ringan. Flash juga dapat mengakomodasi gambar bitmap, sound, dan video. Flash movie dapat dengan cepat didownload dan dapat diintegrasikan melalui website. Beberapa hal inilah yang menyebabkan Flash menjadi lingkungan yang disukai oleh desainer dan developer web yang ingin mengembangkan kreativitasnya pada tingkat yang lebih tinggi. Animasi Flash dapat diintegrasikan dengan website, video, game, sangat popular untuk dipergunakan pada multimedia interaktif, atau web banner. File flash yang sangat ringan membuatnya sangat ideal untuk diaplikasikan pada konten dengan animasi, permainan, dan bahkan pada mobile phone.

Animasi yang dibangun dengan Flash dapat meliputi animasi tradisional frame-by-frame, atau animasi tweening. Berbeda dengan animasi frame-by-frame, animasi tweening dapat dipergunakan untuk membentuk animasi dengan hanya menentukan frame awal dan akhirnya saja. Flash dapat menciptakan frame-frame antara (In between) yang diperlukan untuk menciptakan gerakan, warna, dan transformasi bentuk ataupun efek transisi. Dengan demikian, kita dapat menciptakan animasi yang dibutuhkan dengan berpedoman pada berbagai pendekatan.

Layout yang Tanpa Batas

Stage pada Flash memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam menciptakan layout halaman-halaman website yang menarik tanpa batasan yang biasanya sangat menyulitkan apabila dikembangkan dengan struktur HTML biasa. Kita dapat menempatkan konten web di manapun pada Stage dengan fleksibilitas dan tingkat presisi yang tinggi, jauh meninggalkan website statis di belakangnya. Flash movie juga dapat menyertakan typografi yang kita pilih sehingga dapat menghasilkan tampilan yang menarik dengan font yang kaya tanpa batasan yang biasanya sulit diaplikasikan di luar Flash.

Lingkungan Pemrograman yang Bertenaga

Keindahan tersembunyi pada Flash CS4 Professional terletak pada kemampuan pemrogramannya yang bertenaga. Action Script adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat mengembangkan kemampuan mendesain dan animasi menjadi sebuah aplikasi interaktif yang hidup dan menarik. Dengan Action Script kita dapat mengendalikan movie, membuat dan memberi berbagai fungsi pada tombol. Lebih dri itu, Flash merupakan lingkungan pemrograman visual yang lengkap dan nyaman. Action Script dapat menjadikan movie flash sebagai sebuah aplikasi online yang lengkap untuk berbagai keperluan, termasuk shopping cart, music dan video player, game, bahkan dapat diaplikasikan untuk mobile phone. ■